Senin, 04 Juni 2012

Arti Psikologi


BAB I

Psikolog berasal dari bahasa Yunani yaitu Psychology yang berasal dari dua buah kata: psyche dan logos. Psyche yang memiliki arti jiwa dan logos adalah ilmu. Secara harfiah psikolog dapat diartikan sebagai ilmu jiwa.  Gejala jiwa pada manusia dapat di bedakan menjadi: kognisi, afeksi, konasi, dan psikomotorik. Dapat disimpulkan bahwa psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku manusia, baik sebagai individu maupun dalam hubungannya dengan lingkungannya. Tingkah laku berupa: tingkah laku tampak dan tidak tampak, tingkah laku yang disadari dan yang tidak disadari. Cakupan tingkah laku itu sangat luas sehingga objek ilmu psikologi sangat luas. Sehingga dengan mengikuti perkembangannya ilmu psikologi dikelompokkan dalam beberapa bidang:
1.      Psikologi Perkembangan: mempelajari tingkah laku manusia dalam tiap tahap perkembangan manusia sampai akhir hidup.
2.      Psikologi Pendidikan: mempelajari tingkah laku manusia dalam keadaan pendidikan.
3.      Psikologi Sosial: mempelajari tingkah laku manusia yang berhubungan dengan masyarakat.
4.      Psikologi Industri: mempelajari tingkah laku manusia yang muncul pada dunia industri serta organisasi.
5.      Psikologi Klinis: mempelajari tingkah laku manusia yang sehat dan tidak sehat, normal dan tidak normal, serta dari aspek psikis.
Pendidikan berasal dari kata didik yang memiliki arti memelihara dan membentuk latihan. Secara umum pendidikan adalah suatu usaha yang dilakukan secara sadar dan sengaja untuk mengubah tingkah laku manusia baik secar individu maupun kelompok untuk mendewasakan manusia melalui upaya pelatihan serta pengajaran.
Psikologi Pendidikan adalah ilmu yang mempelajari penerapan teori-teori psikologi dalam bidang pendidikan. Dalam psikologi pendidikan juga dibahas mengenai berbagai tingkah laku yang muncul dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pelatihan dan pengajaran atau disebut dengan proses pembelajaran. Dalam bab ini secara keseluruhan dapat dilihat bahwa membahas berbagai tingkah laku yang muncul dalam proses pendidikan, yang dikelompokkan bahasan-bahasan tertentu, yaitu:
1.      Pengantar memahami psikologi pendidikan
2.      Gejala Jiwa
3.      Perbedaan individu dan Aplikasinya dalam pendidikan
4.      Masalah Pembelajaran
5.      Pengukuran dan Penilaian
6.      Diagnosis Kesulitan Belajar

 

 

 

 

 

0 komentar:

Posting Komentar