BAB I
Psikolog berasal dari
bahasa Yunani yaitu Psychology yang berasal dari dua buah kata: psyche
dan logos. Psyche yang memiliki arti jiwa dan logos adalah
ilmu. Secara harfiah psikolog dapat diartikan sebagai ilmu jiwa. Gejala jiwa pada manusia dapat di bedakan
menjadi: kognisi, afeksi, konasi, dan psikomotorik. Dapat disimpulkan bahwa
psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku manusia, baik
sebagai individu maupun dalam hubungannya dengan lingkungannya. Tingkah laku
berupa: tingkah laku tampak dan tidak tampak, tingkah laku yang disadari dan
yang tidak disadari. Cakupan tingkah laku itu sangat luas sehingga objek ilmu
psikologi sangat luas. Sehingga dengan mengikuti perkembangannya ilmu psikologi
dikelompokkan dalam beberapa bidang:
1.
Psikologi
Perkembangan: mempelajari tingkah laku manusia dalam tiap tahap perkembangan
manusia sampai akhir hidup.
2.
Psikologi
Pendidikan: mempelajari tingkah laku manusia dalam keadaan pendidikan.
3.
Psikologi
Sosial: mempelajari tingkah laku manusia yang berhubungan dengan masyarakat.
4.
Psikologi
Industri: mempelajari tingkah laku manusia yang muncul pada dunia industri
serta organisasi.
5.
Psikologi
Klinis: mempelajari tingkah laku manusia yang sehat dan tidak sehat, normal dan
tidak normal, serta dari aspek psikis.
Pendidikan berasal dari kata
didik yang memiliki arti memelihara dan membentuk latihan. Secara umum
pendidikan adalah suatu usaha yang dilakukan secara sadar dan sengaja untuk
mengubah tingkah laku manusia baik secar individu maupun kelompok untuk mendewasakan
manusia melalui upaya pelatihan serta pengajaran.
Psikologi Pendidikan adalah ilmu
yang mempelajari penerapan teori-teori psikologi dalam bidang pendidikan. Dalam
psikologi pendidikan juga dibahas mengenai berbagai tingkah laku yang muncul
dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pelatihan dan pengajaran atau
disebut dengan proses pembelajaran. Dalam bab ini secara keseluruhan dapat
dilihat bahwa membahas berbagai tingkah laku yang muncul dalam proses
pendidikan, yang dikelompokkan bahasan-bahasan tertentu, yaitu:
1.
Pengantar
memahami psikologi pendidikan
2.
Gejala
Jiwa
3.
Perbedaan
individu dan Aplikasinya dalam pendidikan
4.
Masalah
Pembelajaran
5.
Pengukuran
dan Penilaian
6.
Diagnosis
Kesulitan Belajar
0 komentar:
Posting Komentar