Selasa, 19 Juni 2012

"Omah Pasinaon" di Bejiharjo

Gunungkidul - Sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, Fakultas Ilmu Pendidikan UNY bekerjasama dengan Bright Idea Foundation Indonesia mengadakan bakti pendidikan dan lauching smart school di Balai Dusun Bejiharjo, Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Gunungkidul, Rabu (30/11). Kegiatan yang dinamakan ‘Omah Pasinaon’ atau rumah belajar ini diikuti siswa dari PAUD hingga SD sekitar.


“Jika selama ini mereka usai bersekolah hanya bermain, dengan adanya program ini diharapkan mampu memberikan pendidikan bagi anak-anak,” kata Yudan Hermawan salah satu mahasiswa UNY.

Program smart school ini direncanakan secara berkelanjutan seminggu dua kali. Sedangkan untuk karangtaruna juga diberikan pelatihan Bahasa Inggris.

Menurut Yudan, langkah ini juga salah satu bentuk pengabdian dan pelayanan masyarakat. Artinya jika sekarang siswa belum bisa mengikuti atau mengakses bimbingan belajar, dengan adanya partisipasi mahasiswa ditargetkan mampu memberikan dorongan agar siswa terbiasa belajar usai pulang dari sekolah.

“Antusias masyarakat cukup bagus, bahkan banyak yang mengikuti program ini. Sehingga kemampuan anak akan lebih cepat berkembang,”ucapnya.

Adhita Ketua BIFoundation Indonesia menambahkan, kehadiran program ini juga didukung pemerintah desa, sehingga ke depan pelaksanaanya bisa berjalan dengan lancar. Untuk kelanjutan program memang dijadwalkan seminggu dua kali.

“Untuk pertama nantinya dilakukan selama satu semester atau 6 bulan dan dilakukan evaluasi. Jika memang bagus tentunya bisa memberikan kontribusi bagi pendidikan di masyarakat,” jelasnya. (R-2/MC)

0 komentar:

Posting Komentar